-->

Cara Meningkatkan Jarak Jangkauan Wifi Router 4G TL-MR3020

TP-LINK mempunyai sebuah produk mini WiFi Router 4G TL-MR3020, produk ini memang sangat handal sekali saat dipakai. Modem 4G yang saya pakai (Huawei E3372 USB 4G Modem) sangat kompatibel dan bisa langsung digunakan untuk sharing WiFi dengan beberapa pengaturan saja. Tetapi untuk menu USSD (cek pulsa, dan dial) dari SIM Card Modem tersebut nampaknya agak susah karena di dalam menu pengaturan tidak disediakan,

Ketika WiFi router ini dihidupkan, ia membutuhkan waktu kira-kira 1 menit untuk dapat "dinikmati" koneksinya, pokoknya mantap sekali dehh ...

TL-MR3020 4G WiFi Router
image credit to: bhinneka.com
http://www.bhinneka.com/products/sku00112383/tp-link_3g_wireless-n_router__tl-mr3020_.aspx
Adapun fasilitas dari wifi router tersebut: 
  • 4G Broadband Wireless N Router
  • 150Mbps
  • 802.11b/g/n
Dengan kebutuhan power yang sangat minimal sekali (5V USB) WiFi Router ini berjalan sangat handal ketika digunakan di konektor USB Adaptor, untuk dibawa bawa juga cukup mudah tinggal dicolok ke Powerbank saja sudah jadi. 

Permasalahan yang saya alami sendiri ketika memakai router ini sehari-hari ialah jarak jangkauan dari sinyal WiFi yang sangat pendek sekali, kira-kira hanya +- 12 meteran, tidak bisa lebih. Akhirnya saya melakukan riset sendiri pada konfigurasi di dalam router ini, dan mendapati jarak jangkauan yang lumayan bagus meningkat menjadi +- 20 meteran, jarak segitu lumayan cukup bagus untuk ukuran router yang berdaya kecil.

Langsung saja ya bro saya sharing cara settingnya:

1) Konekkan dahulu WiFi router anda dengan PC, Laptop, atau Smartphone anda. 

2) Buka Default Browser, jangan Opera karena kemungkinan tidak bisa.

3) Kunjungi http://192.168.0.254/ , ketikkan lalu enter ( ini merupakan URL default untuk pengaturan TL-MR3020 ). Apabila berhasil jendela login akan muncul seperti gambar di bawah.


4) Masukkan username & password, kemudian klik "Login", untuk parameter standar pabrikan username: admin & password: admin, atau sobat juga bisa mendapatkannya di sekitar badan router ini. 

5) Masuk ke Tab "Wireless"
6) Kemudian sobat masuk ke Tab "Wireless Settings", 

Didalam tab Wireless Settings, ubah parameter menjadi seperti ini:

Channel: Auto
Mode: 11n only
Channel Width: 40MHz

7) Klik "Save", Kemudian klik "Reboot".

Bandingkan jarak jangkauan dengan default setting tadi dengan setting yang sekarang, pasti lumayan dapat jauh jaraknya sekarang. 

Sekian dan Ditunggu komentarnya ya sob :), Terimakasih.




Tidak Ada Komentar, Tulis Komentar Anda Dibawah

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel