close
Donasi Bitcoin: 15mVgUb5coemN6VQYTjyxYJm8BY35a3ZQk Donasi Bitcoin: 15mVgUb5coemN6VQYTjyxYJm8BY35a3ZQk

Peringatan "Warning" dari Google AdSense: Iklan besar di paro atas pada seluler

Konten Iklan
Konten Iklan
Menjadi seorang Publisher AdSense memang gampang-gampang susah, kita harus menurut pada T.O.S Google itu sendiri jika kita menginginkan reputasi akun kita bagus di mata Google. Apa itu T.O.S bro? T.O.S: Terms Of Services (Syarat dan Ketentuan Layanan Google, lihat disini). Seperti salah satu kejadian berikut yang bronanda alami sendiri yaitu mendapat notifikasi (surat peringatan) dari Google yang poin utamanya iklan yang dipasang pada situs bermasalah atau melanggar. Nampaknya sekali lagi kudu jeli dalam memahami T.O.S Google.

Sudah ke 5x ini bronanda mendapat peringatan dari Google AdSense :D tapi Alhamdulillah belum juga dibanned (mudah-mudahan tidak & jangan :D). Pada Tanggal 26 Januari 2017 kemarin masuk sebuah email di inbox yang berisi notifikasi peringatan yang kurang lebih sama seperti email-email sebelumnya yang membedakan hanya penjelasan pelanggarannya saja, kurang lebih emailnya seperti ini:


1) Analisis

Mari kita telaah maksud pesan peringatan tersebut bersama-sama, jika dikutip sebenarnya ada beberapa poin penting yang saya tandai dengan warna:

Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan itu. Untuk menjaga pengalaman pengguna yang baik, penayang harus membedakan iklan Google dengan konten situs secara jelas. Ini mencakup, namun tidak terbatas pada: tata letak situs yang membuat iklan mendorong konten ke paro bawah di perangkat seluler; menempatkan unit iklan berukuran 300x250 atau lebih besar di paro atas pada situs yang dioptimalkan untuk seluler.
Setelah poin penting yang saya tandai dan cek di situs yang bersangkutan, ternyata ada point terakhir (wana orange) yang membuat saya "kecolongan" dan tidak habis pikir akhirnya disebut pelanggaran.
Unit Iklan 300x250 dibawah judul ketika dibuka di Browser PC, (study case: tidak mejadikan masalah)

Mungkin inilah yang dimaksud "iklan berukuran 300x250 atau lebih besar di paro atas" ternyata di situs yang bersangkutan terdapat iklan berukuran besar di sisi atas konten artikel dengan ukuran 300x250.

Setelah diselidiki unit iklan 300x250 yang dibuka pada browser PC tidak menjadi masalah karena tampilan yang cukup lebar, lain halnya jika website tersebut dibuka di mobile browser (smartphone) nampaknya menjadikan masalah, karena sebagian besar konten tertutupi oleh iklan 300x250 di paro atas. Jadi benar sekali, ini sesuai sekali dengan contoh url yang diberikan Google di isi email peringatan tersebut  "html?m=1"

Unit Iklan 300x250 dibawah judul ketika dibuka di Browser Mobile, (study case: menjadikan masalah karena sebagian besar konten artikel tertutupi, sesuai dengan penjelasan pelanggaran berwarna "orange")


Ditambah saya benar-benar memasang iklan berukuran 300x250 di bawah judul, jadi bukan iklan format responsif (tidak bisa menyesuaikan dengan ukuran browser).

2) Solusi
Ya karena kurang jeli dan mendapat peringatan seperti ini ya mau bagaimana lagi, reputasi akun publisher yang jadi "ternoda".

Segera saya lakukan perubahan di situs yang bersangkutan menjadi unit iklan responsif dengan membuat unit iklan bau di tab "My Ads" agar bisa otomatis menyesuaikan ukuran iklan apabila dibuka di browser mobile.

Ditambah menyelesaikan status peringatan di dashbord AdSense, seperti di gambar di bawah ini:
Isikan detailnya: "Unit iklan yang bersangkutan di situs web, sudah di ganti dari 336x280 ke unit iklan responsif"

Begitulah tips dan trick dari pengalaman bronanda dalam menanggapi peringatan dari Google AdSense, semoga teman-teman publisher tetap baik-baik saja akunnya sehingga kerjasama dengan Google dapat berjalan dalam waktu yang panjang.
Konten Iklan
Tidak menemukan apa yang anda cari ??? coba gunakan kotak penelusuran di bawah ini

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda