close
Donasi Bitcoin: 15mVgUb5coemN6VQYTjyxYJm8BY35a3ZQk Donasi Bitcoin: 15mVgUb5coemN6VQYTjyxYJm8BY35a3ZQk

Tutorial Lengkap Custom Domain .NET di Blogger dari Rumah Web dengan Pembayaran PayPal #Pengalaman Pribadi

Konten Iklan
Konten Iklan
Bagi kamu yang suka nge-blog, atau akan memulai nge-blog pasti ingin punya website yang tampil dengan menarik dan cantik, iya kan ? ya iya lah, masa ya iya dong huehehehehe. Website akan tampil menarik apabila template yang digunakan sangat responsif, UI/UX yang baik, konten yang berkualitas, dan domain yang sesuai pedoman webmaster/SEO friendly, atau sering blogger menyebutnya K.O.D (Keyword On Domain)

Jadi salah satu unsur agar website blog kita tampil bagus di mata pengunjung adalah domain.

Anda tahu gak apa itu domain? menurut WikiPedia domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer di jaringan komputer atau internet. Domain yang bagus dan pendek akan memudahkan pengunjung anda mengingat nama domain website anda.

Lalu kenapa domain blog ini tidak diganti ke domain .net .com atau semacamnya bro ? Jawab "Karena blog ini sudah ada backlink yang cukup bagus, dan apabila di custom ditakutkan mempengaruhi hasil SERP (Search Engine Results Page) dan bisa mempengaruhi pengunjung yang datang di blog"

Pada artikel kali ini admin akan membahas pengalaman sendiri meng-custom domain .NET di blogger dari registrar Rumah Web, gaya bahasa admin dalam penulisan agak santai tapi serius, dan sesuai dengan kondisi yang pernah admin alami seperti troubleshootnya, seperti waktu propagasi DNS yang lama. Oke langsung saja dimulai.

1) Pertama-tama, blog yang akan dicustom domain adalah awalnya: http://alientronics.blogspot.com/ dan sekarang sudah menjadi domain TLD menjadi  http://www.alientronics.net/, silahkan dibuka saja websitenya. untuk melakukan custom domain di blogger ini setidaknya yang harus disiapkan secara matang adalah:

a) Koneksi Internet harus stabil agar memudahkan proses setting domain.
b) Uang di rekening Bank, berkisar 150 ribu untuk membeli domain baru, pada tutorial ini admin menggunakan PayPal untuk transaksi, akan tetapi banyak pilihan pembayaran mulai dari MasterCard, Visa, Bank Lokal, dan PayPal.
c) Akun Blogger yang mau dicustom domain
d) Waktu yang santai, karena akan sedikit rumit dan sedikit lama :D


2) Kedua, buka http://order.rumahweb.com/ dan silahkan masukkan nama website pilihan anda yang ingin dipesan, lalu klik Cek Domain. Pada tutorial admin kali ini domain http://www.alientronics.net / sebagai contoh, nah kira-kira tampilan dari halaman Rumah Web seperti di bawah ini:
Tunggulah beberapa saat saja, dengan waktu yang sebentar maka kemudian akan ditampilkan nama-nama domain anda apakah tersedia atau tidak, berikut juga dengan harga-harganya, seperti gambar di bawah ini:
Nah, di gambar atas domain alientronics.net tersedia dengan harga Rp 25,000,- (harga promo), harga normal domain ini adalah Rp 115,000,- . Silahkan dipilih pilih saja nama domain yang cocok dengan pilihan anda baik nama maupun harganya, pilihlah baik-baik karena setelah domain dipilih tentu saja tidak dapat diganti lagi setelah di bayar.

3) Ketiga, pada gambar di bawah ini :

Silahkan checklist Privacy Protection apabila dihidupkan layanan ini melindungi informasi who.is anda, termasuk email yang digunakan saat pendaftaran nanti bebas dari SPAM. #Pengalaman admin sendiri ketika fitur Privacy Protection dimatikan, alhasil banyak email SPAM yang masuk tiap harinya, jadi admin rekomendasikan untuk mengaktifkannya saja, toh hanya menambah Rp 10,000,- (sepuluh ribu rupiah) saja.

Pastikan "Managed DNS Active" ini berguna untuk membuat A, CNAME, MX Record pada domain baru anda, A, CNAME digunakan untuk sinkronisasi dengan Blogger sementara MX digunakan untuk email domain anda misal: admin@alientronics.net . Layanan email domain membutuhkan hosting, atau juga Google Apps (G Suite) yang tidak gratis. Namun, admin punya provider yang dapat menyediakan email domain gratis misal: admin@domainanda.net secara GRATIS sekalian bikin tutorialnya, lain kali admin akan share di blog ini, jadi follow blog ini ya, hehe.
Apabila sudah? Klik Lanjutkan ..


4) Keempat, apabila ada notifikasi seperti ini lagi klik lanjutkan saja, karena kita tidak membutuhkan domain lagi selain tadi

5) Kelima, apabila mendapat notifikasi seperti di bawah ini silahkan klik saja "Saya tidak membutuhkan hosting", karena hosting yang kita akan pakai dari Blogger yang Unlimited dari Google hehehehe ....free selamanya
6) Keenam, ada penawaran apakah ingin membeli Google Apps sekalian, fitur tersebut misalnya anda ingin menambahkan produk Google seperti custom email domain, misalnya: admin@alientronics.net, pilihan yang paling mudah yakni pakai Google Apps namun fitur ini berbayar sekitar Rp. 70,000,- di Rumah Web

Admin sarankan untuk pemula yang akan custom domain saja tidak membutuhkan layanan ini jadi klik "Lanjutkan" saja
7) Ketujuh, sampai disini kita ikuti flowchart pembelian sampai benar-benar proses pembelian domain selesai:
Orderan total Rp. 35,000,- Klik "Lanjutkan"
Halaman Persetujuan Pelanggan, Klik "Setuju"
Pada gambar tersebut, admin menggunakan PayPal sebagai metode pembayaran. Sebenarnya teman-teman dapat menggunakan rekening Bank Lokal untuk memproses pembayaran ini. Tapi alasan admin menggunakan PayPal karena:

a) Pemrosesan langsung instan, tidak memerlukan konfirmasi yang lama setelah proses checkout. Berbeda dengan transfer bank yang harus diverifikasi penerima yang biasanya membutuhkan waktu paling lama 1x24 jam.

b) Memanfaatkan Saldo PayPal dari bisnis online LinkShrink yang admin pernah ulas di sini>>.

Next Step
Klik "Bayar dengan rekening PayPal saya", lalu masukkan kredensial login PayPal anda seperti email dan password. Tunggulah proses sampai selesai...
Apabila pembayaran dengan PayPal sukses, maka gambar seperti dibawah bahwa invoice pembelian dengan PayPal telah berhasil
Sampai disini selamat anda telah berhasil membeli domain baru dengan metode payment PayPal, langkah selanjutnya adalah menyeting domain yang anda beli dengan Blogger.

8) Kedelapan, Nah ditahap sekarang teman-teman sudah berhasil membeli domain tersebut, sekarang saatnya untuk mennyeting domain tersebut dengan Blogger, jika dilihat langkah No. 1-7 tadi opsional sekali. Yang terpenting adalah proses pembelian domain berhasil dilakukan dan domain tersebut aktif sepenuhnya sehingga siap diintegrasikan ke Blogger.

Oke. Masuk ke area control panel Domain di Rumah Web di http://clientzone.rumahweb.com/
Silahkan login dahulu dengan akun anda kemudian:

Klik "Domain" >> "List Domain Saya" seperti di bawah

9) Kesembilan, pada halaman "List domain saya" klik icon KUNCI seperti yang sudah admin kasih panah tanda berwarna merah, klik saja.

10) Kesepuluh, setelah di klik gambar seperti di bawah ini merupakan dashbord dari domain contoh: alientronics.net, tampak disitu status "registrar lock" dalam keadaan terbuka/unlocked, terlebih dahulu kita akan kunci dulu.

11) Kesebelas, proses locking registrar:

Done,,, pastikan status registar lock: Enabled

12) Keduabelas, klik ke tab "Nameservers" pilih saja Gunakan Nameservers Default

13) Ketigabelas, Langkah ini yang sedikit agak rumit untuk pengisian Record pada DNS Domain, jadi ikuti dan perhatikan dengan baik ya teman-teman.

a) Masuk ke tab "DNS Management"

b) Di dalam tab Managed DNS, Klik Start

c) masih di Tab Managed DNS, buat record DNS baru seperti di bawah ini:
d) Setelah itu akan terbuka form untuk mengisi value dari masing-masing record seperti di bawah ini:
Untuk Blogger,
Domain: <kosongkan saja>
TTL: 14400 <default>
Record Type: A
IP or Hostname: 216.239.32.31

Kemudian, Klik "Add Record", Ulangi untuk pengisian Record A dengan IP yang berbeda, daftar Semuanya dari awal adalah sebagai berikut:

216.239.32.31
216.239.34.31
216.239.36.31
216.239.38.31

Setelah sudah "Add Record", refresh dulu browser (F5) sehingga konfigurasi A recordnya Sementara menjadi seperti di bawah ini:

Langkah selanjutnya ada mencari CNAME (Canonical Name) pada Blogger, maka langkah ini kita tinggalkan dulu. Buka tab baru browser pada Browser dan Login ke Blogger teman-teman

14) Keempatbelas, masuk ke Blogger, lalu pilih "Setelan" >>> "Dasar" >>> "Alamat Blog"
Masukkan domain yang telah anda beli, disini admin contohkan: www.alientronics.net *)penulisan disini harus menggunakan "www" misal: www.domainanda.net

Lalu Klik Simpan ...
Lalu yang terjadi setelah anda simpan, kemudian pasti akan muncul seperti di bawah ini:

Lihat pada bagian yang diberi area warna hitam, disitulan parameter yang akan kita masukkan ke CNAME domain. Nanti Copy lalu Paste saja di Form yang akan admin contohkan di bawah. Oke.. sampai disini kita kembali ke DNS Management di Clientzone.

15) Kelimabelas, buat Record baru pada DNS Management, seperti A Record tadi tapi ada sedikit perbedaan seperti di bawah ini, admin rasa dengan gambar sudah cukup jelas ya?

Domain: www
TTL: 14400 <default>
Record Type: CNAME
Hostname: ghs.google.com

Kemudian, "Add Record"

Lakukan hal yang sama pada CNAME selanjutnya, seperti contoh di bawah ini:
16) Keenambelas, Oke disini teman-teman sudah hampir menyelesaikan langkah-langkahnya, A Record dan CNAME Record yang teman-teman tambahkan HARUS memiliki 6 daftar seperti di bawah ya:

Silahkan teman-teman perhatikan lagi, baik IP Adress untuk A Recordnya, maupun CNAME dll. Jangan sampai tertukar-tukar ya.

Kalau untuk A Record, IP Adress untuk Blogger semua sama, yang membedakan hanyalah CNAME Record yang mengarah ke googlehosted.com

17)Ketujuhbelas, sampai disini teman-teman telah menyelesaikan tahapan/langkah di Konfigurasi Domain, sekarang saatnya kembali ke Blogger.

Klik Simpan, maka yang terjadi akan muncul notifikasi "kami tidak dapat meverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 12"

Ini normal kok sebab DNS Record yang teman-teman konfigurasi tadi membutuhkan waktu propagasi DNS, karena menyangkut waktu untuk domain yang baru (fresh) biasanya waktu propagasi DNS menurut pengalaman admin sendiri berkisar 40-60 menit, hal ini bergantung juga pada ISP (Internet Service Provider) yang teman-teman gunakan juga.

Waktu propagasi DNS ini ada juga yang sampai 1x24 jam, 7x24 jam menurut info dari Google. Jadi silahkan sendiri di cari di Google "Waktu Propagasi DNS" sembari menunggu waktu propagasi DNS Domain anda berakhir.

18)Kedelapanbelas, Nah... setelah admin menunggu lamanya propagasi DNS berakhir di kisaran waktu 40 menit (mungkin karena domain baru) yang dibuktikan dengan tidak munculnya notifikasi merah setelah tombol "Simpan" di klik seperti di bawah ini:


Belum berhenti disitu saja, klik dahulu pada "Edit"
Klik alihkan domainanda.net ke www.domainanda.net, lalu Simpan.

Sampai disini selamat karena anda telah berhasil menyelesaikan seluruh proses penggantian domain blog anda. Cobalah buka blog anda dan kini telah berganti nama domain.

Untuk 1-2 jam pertama setelah blog anda di custom domain, mungkin teman-teman menjumpai halaman blog anda yang anda buka kadang gagal loading, hal ini sangat normal dikarenakan propagasi DNS belum sepenuhnya selesai. Performa maksimal mungkin baru 2-3 hari kemudian, halaman anda pasti di-load dengan sempurna oleh browser.

Selanjutnya, di bawah ini ada kamus kecil untuk memudahkan pemahaman teman-teman dalam mengenal kata-kata dalam artikel ini:


  • DNS : Domain Name Services
  • CNAME : Canonical Name
  • TLD : Top Level Domain
  1. A record atau catatan alamat memetakan sebuah nama host ke alamat IP 32-bit (untuk IPv4). A Record adalah DNS record yang paling sering dgunakan untuk memetakan hostname, yaitu untuk mengarahkan domain ke alamat IP tertentu. Misal jika kita ingin memetakan domain alientronics.net ke alamat IP 119.81.75.214 maka kita bisa memberikan catatan pada A Record dengan format : alientronics.com 14400 in A 119.81.75.214 dimana angka 14400 adalah TTL (Time To Live, dalam satuan detik
  2. AAAA record atau catatan alamat IPv6 memetakan sebuah nama host (host name) ke alamat IP 128-bit (untuk IPv6). AAAA Record saat tulisan ini dibuat masih jarang digunakan mengingat penggunaan IP6 masih belum menyeluruh.
  3. CNAME record atau catatan nama kanonik membuat alias untuk nama domain. Domain yang di-alias-kan memiliki seluruh subdomain dan record DNS seperti aslinya. CNAME sering digunakan untuk mengarahkan beberapa domain atau subdomain ke webhosting yang sama. misal untuk mengarahkan www.alientronics.net ke alientronics.net (tanpa www) digunakan CNAME dengan format www.alientronics.net. 14400 IN CNAME alientronics.net
  4. MX record atau catatan pertukaran surat memetakan sebuah nama domain ke dalam daftar mail exchange server untuk domain tersebut.
  5. PTR record atau catatan penunjuk memetakan sebuah nama host ke nama kanonik untuk host tersebut. Pembuatan record PTR untuk sebuah nama host di dalam domain in-addr.arpa yang mewakili sebuah alamat IP menerapkan pencarian balik DNS (reverse DNS lookup) untuk alamat tersebut.
  6. NS record atau catatan server nama memetakan sebuah nama domain ke dalam satu daftar dari server DNS untuk domain tersebut. Pewakilan bergantung kepada record NS.
  7. SOA record atau catatan otoritas awal (Start of Authority) mengacu server DNS yang mengediakan otorisasi informasi tentang sebuah domain Internet.
  8. SRV record adalah catatan lokasi secara umum.
  9. TXT Record mengijinkan administrator untuk memasukan data acak ke dalam catatan DNS, catatan ini juga digunakan di spesifikasi Sender Policy Framework. 
Demikianlah uraian dari pengalaman admin dalam custom domain, memang agak panjang prosesnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam

Konten Iklan
Tidak menemukan apa yang anda cari ??? coba gunakan kotak penelusuran di bawah ini

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda