Ponsel Android Anda Hilang?? Cepat Lakukanlah Langkah Berikut Ini !!

Konten Iklan
Konten Iklan
Penggunaan ponsel platform Android dewasa ini memang meningkat sangat pesat. Dengan Android, kini semua orang dapat melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan di PC. Sekalipun untuk urusan kantor, mengakses akun media sosial, chatting, buku, office, atau bahkan transaksi bank sekalipun bisa dengan mudah diakses dengan ponsel Android. Ya... semua terasa mudah, Akan tetapi, cukup berbahaya juga ketika ponsel Android ini hilang. Akun dibajak orang sangat memungkinkan sekali apabila ponsel ini hilang, data-data penting, seperti username & password data bank jika menggunakan mobile banking, data-data office yang terkoneksi dengan cloud storage yang tersinkronisasi.
image src: http://www.pcquest.com/tag/how-to-track-a-lost-android-phone/

Lalu apakah yang sebaiknya harus kita lakukan, jika dikemudian hari ponsel Android anda hilang ?

1) Coba deh kamu hubungi nomor HP yang hilang itu
Hal pertama yang mesti dilakukan dengan mencoba menghubungi nomor yang aktif dalam ponsel tersebut, Keadaan baterai harus belum habis dan tidak sedang ter-silent. Kadang kita berfikir HP kita hilang? namun yang sebenarnya terjadi HP kita bukan hilang, tetapi mungkin tersimpan di tempat yang kita lupa menaruhnya. 

2) Sebarlah berita hilang tersebut ke orang-orang
Barangkali HP tersebut bukan dicuri, akan tetapi ditemukan oleh orang baik yang juga sedang mencari kamu. Saat ini, informasi sudah bisa menyebar dengan sangat cepat. Jadi, kamu bisa manfaatkan ini. Namun berhati-hatilah, jika kamu malah diteror karena kamu menyebarkan kontak kamu.

3) Kunci perangkat dari jarak jauh
Google sudah menyiapkan pertolonganya jika Android anda benar-benar hilang. Android anda bisa dikunci dari jarak jauh sehingga pencuri tidak bisa menggunakannya. Tetapi, untuk menggunakan cara ini, ponsel kamu harus aktif internet dan terhubung dengan layanan Google. Jadi, segera sign in ke Google jika Android kamu belum terhubung. Jika kedua syarat itu sudah terpenuhi, maka kamu dapat menguncinya dari jarak jauh. Berikut adalah caranya :



Pastikan anda telah login menggunakan akun yang sama dengan akun yang terhubung ke Android kamu yang hilang

Cari kolom“Perangkat yang baru-baru ini digunakan”, di situ kamu akan melihat perangkat apa saja yang terhubung dengan akun kamu. Pastikanlah Android kamu ada di daftar itu. Sebagai contoh, punya saya adalah S45A. Di situ akan tertera kapan terakhir kali HP itu digunakan untuk mengakses layanan Google.
Klik “Tinjau Perangkat”, pilih HP kamu. Kamu akan dibawa ke peta lokasi perangkat. Jika GPS kamu aktif, lokasi ini bisa akurat. Akan tetapi jika tidak aktif, atau layanan lokasi sedang dinonaktifkan, maka akan muncul lokasi terakhir saat layanan lokasi diaktifkan.

Di jendela “Tinjau Perangkat”, akan ada tiga opsi, yaitu “Deringkan”, “Kunci”, dan “Hapus”.
Fitur “Deringkan” akan mengontak HP kamu lalu membunyikannya.

Fitur “Kunci” inilah yang kita bahas. Kamu bisa mengunci dari jarak jauh. Cukup tekan “Kunci”, lalu muncul popup berikut.
Isi Sandi dan hint-nya lalu simpan. Maka Android kamu akan terkunci. Dan pencuri tidak bisa menggunakannya. Kamu bisa mencoba langkah-langkah ini sekarang.

Fitur “Hapus” untuk menghapus akses perangkat ke akun Google.

4) Log out (keluar) dari seluruh akun yang terhubung ke HP kamu
Jika pencuri itu lebih cepat dari kamu, ia bisa sign out  dari akun Google, dan itu membuatmu tidak bisa melakukan langkah nomor 2. Jadi, setelah melakukan cara nomor 2, lebih baik kamu juga langsung sign out dari seluruh akun yang terhubung, terutama akun-akun yang vital, seperti data bank. Jangan lupa juga memblokir nomor HP kamu yang hilang itu, dan meminta nomor pengganti yang sama kepada operator jika kamu sangat membutuhkan nomor itu. 

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan ketika Android kamu hilang. Tetapi, jika memungkinkan bisa, jagalah ponsel kamu dengan sebaik-baiknya agar tidak sampai pindah tangan ke orang lain. Berhati-hatilah dengan orang-orang di sekitar kamu, terutama apabila berada dalam daerah yang tidak begitu aman dan kondusif.

Konten Iklan
Tidak menemukan apa yang anda cari ??? coba gunakan kotak penelusuran di bawah ini

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda