Tips Ampuh! Cara Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas

Konten Iklan
Konten Iklan
Memiliki sebuah ponsel Android memang terasa menyenangkan, ada banyak beragam manfaat dan kemudahan yang didapatkan ketika memiliki smartphone canggih bersistem operasi buatan Google ini. Banyak dari kita yang menggunakan untuk bermain game, social media, browsing, chatting, melakukan pekerjaan office, dan lain-lain. 
Namun kendala utama saat menggunakan HP Android ini ketika sudah asik bermain, tiba-tiba muncul hawa panas yang tidak dapat ditoleransi, tentu saja CPU yang terus bekerja di dalam sistem operasi Android anda yang menyebabkan timbulnya panas berlebih, pada smartphone Android tertentu jika panas ini terlalu berlebihan bisa menyebabkan restart sendiri atau kadang juga freezing/hang, dan hal ini dirasa sungguh menyebalkan tentunya. Lebih parah lagi hawa panas itu bisa merusak smartphone kesayangan anda jika berlangsung terus menerus.

Nah, ada tips ampuh nih buat mengusir hawa panas yang berlebih di HP Smartphone Android kamu, langsung saja disimak lebih lanjut di bawah ini:

1. Jangan gunakan sewaktu bermain game sambil di-charge (dicas)
Yap yang pertama dan paling awal tipsnya adalah jangan gunakan hp android anda sewaktu bermain game sambil dicas. Kita tentunya tau, game ini akan menggunakan banyak proses di CPU sewaktu dimainkan, semula yang kondisi standby beban CPU hanya di angka 7-15 % akan tetapi ketika game ini dimainkan di ponsel Android anda, beban CPU akan meningkat >45% terlebih jika memainkan game yang tergolong berat.
img src : http://media.techregar.com/images/2015/05/android_usb_phone_charger-001.jpg


CPU ini sangat memakan daya yang tinggi apalagi kalau sedang di charge, sumber panas tersebut bisa datang dari 2 lokasi secara bersamaan:
pertama, dari beban CPU yang melakukan proses
kedua, dari panasnya Baterai yang sedang di charge

Seperti dilihat di web: http://appquest.io/blog/popular-android-racing-games-cpu-stickman/
ada " 9 Popular Android Racing Games with the Highest CPU Usage Rates " game tersebut memakan banyak proses CPU di HP Android anda.


2. Jangan gunakan sewaktu browsing sambil di-charge (dicas)
Penyebab kedua yang sering dialamai pengguna Android nih, yakni menggunakan Androidnya untuk browsing sambil di-cas.

Koneksi internet terhubung berkat perangkat modem (modulator de-modulator) karena fungsinya modem mengubah sinyal seluler menjadi data tentunya banyak memakan daya baterai. Apalagi Android anda sedang di-cas, jadi tambah bahaya lagi bahaya panas tak dapat terhindarkan
img src: https://lh5.googleusercontent.com/-zFkvoLJl9PU/TYsGgO3FnYI/AAAAAAAAAXs/hd05b-sJ0io/s1600/SAmsung+Galaxy+S+4G+PCb+board+components+layout.jpg

Gambar di atas merupakan board smartphone Samsung Galaxy S4 4G, kalau anda amati chip modem yang ukurannya cukup besar atau yang cukup sama dengan CPU pasti memakan daya yang besar pada Baterai.

Untuk itu jangan gunakan HP Android anda untuk browsing sewaktu di-cas

Nah, karena sumber penyebab panas ini ada 2 sebenarnya dari CPU dan Modem, info selanjutnya akan sangat berkaitan sekali satu sama lainnya.

3. Gunakan pada mode Jaringan yang hemat daya seperti EDGE/GPRS
4. Matikan Wifi/GPS ketika tidak digunakan
5. Uninstall Aplikasi yang tidak diperlukan
6. Pakai browser hemat CPU dan Data seperti "Opera Mini"

Sekian beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat, semoga ponsel Android anda bebas dari bahaya panas berlebih. Jangan lupa tinggalkan komentar ya
Konten Iklan
Tidak menemukan apa yang anda cari ??? coba gunakan kotak penelusuran di bawah ini

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda