My Story: History Sewaktu Sekolah SMK Menang Penghargaan Krenova Tingkat Jawa Tengah pada Tahun 2010

Konten Iklan
Konten Iklan
Sebenarnya ini merupakan ceritaku, ya hanya cerita pribadi saja yang tidak berharap dibaca semua orang, akan tetapi karena aku punya blog ya aku tulis saja daripada nanti lupa karena semakin tua dan semakin malas nulis menulis.

Sewaktu aku sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) kebetulan program studi yang aku ambil TAV (Teknik Audio Video) di SMK Muhammadiyah 4 Wonogiri. Aku menulis cerita ini berupa artikel jadinya supaya enak dibaca bagi yang suka kepo hehehe....

Jadi ceritanya pada saat aku sekolah SMK, pada Tahun 2010 aku dipanggil guruku untuk meneliti sebuah projek yang akan dilombakan, waktu itu cuma satu orang saja yang dipanggil guruku, masih ingat nama guruku namanya Bapak Agus Suwandi, S. Pd. Aku mungkin dipanggil karena mungkin aku bisa dibilang cukup menguasai dalam bidang elektronika dibanding teman-teman sekelasku, waktu itu aku diberi projek elektronik yang bernama "Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler Pada Seterika Listrik"

Bapak Agus Suwandi menyuruh saya untuk mengajak 2 orang lagi yang akan dimasukkan kedalam team, yah sebenarnya tugas mereka dalam team ini cuma disuruh bantu-bantu aja sih, tapi semua yang ngerjain dari "a" sampai "z" aku semua, lah mereka cuma asik bercanda aja sewaktu ngerjain projek, istilahnya kalau orang jawa bilang "gojekan" emang dasar ya mereka berdua itu, hehehehe ... Jadi, waktu itu aku ditunjuk sebagai ketua team. Lanjut kebawah yaa ....

Judul penelitiannya "Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler Pada Seterika Listrik" aku jelaskan secara singkat cara kerja alat ini nantinya, ide ini bermula dari bapak Agus Suwandi yang sering pergi ke tempat laundry-an, beliau mendapati ibu-ibu yang sering nyetrika pakaian-pakaian itu kesal dan marah-marah sendiri karena listrik yang dipakai nyetrika tidak kuat dipakai, meskipun daya yang dipakai sudah 900 VA. Tapi kalau dipakai buat 3 setrika yang hidup bersamaan pasti tidak kuat,,

Berawal dari masalah itu beliau mencoba membuat pengatur arus listrik pada setrika listrik, metode yang digunakan cukup sederhana yakni dengan membagi (split) dengan sistem switching maka ketiga setrika bisa mendapatkan arus secara bersamaan dalam satu detik.  Faham gak??? hehehe...

Gampangnya gini, 3 setrika itu sebenarnya dimanipulasi arusnya, dalam satu detik aliran arus dibagi dengan kecepatan yang bisa diatur, arus yang menuju ke setrika itu sebenarnya tersendat-sendat atau terputus-putus, nah jadi MCB atau pembatas arus dalam kWh meter nantinya tidak akan cepat turun/anjlok, jadi kira-kira seperti itu. Agak lupa-lupa sedikit memang karena sudah 6 tahun berlalu hihihi ...

Waktu itu setelah projek jadi, sekolah kami bersaing dengan karya dari sekolah lain. Sekolah itu adalah SMK NEGERI 2 WONOGIRI, ya masih ingat dengan jelas di kepalaku judul penelitian mereka yakni PENJERNIH AIR DENGAN MENGGUNAKAN BIJI KELOR.

Sempat karya itu juga sempat fight bersama penelitian kamu di kantor kabupaten wonogiri untuk dipresentasikan namun juga diuji, tidak menyangka akhirnya karya kamilah yang menang di tingkat kabupaten.

Sempat masuk koran juga, waktu itu aku sedang PKL di bengkel servis komputer, "JUANNA COMPUTER" yang terletak di daerah Wonokarto, Dekat RS. Marga Husada. Ibu pemilik servisan itu mendatangi saya dan mengucapkan selamat karena nama saya ada dalam koran itu, hehehe... tak terukur rasa senang dan haru waktu itu di hari itu.

Beberapa waktu berlalu, karya kami dikabarkan masuk juga dalam nominasi KREANOVA (Kreatif dan Inovatif) pada Tahun 2010. Dan, akhirnya menjadi salah satu pemenangnya.

Jadi semakin yakin saja bidang dan passion yang aku geluti ini mungkin jadi lahan mata pencaharianku suatu saat nanti, fikirku dulu pada tahun 2010 itu.

Ya 6 tahun sudah berlalu, ya kini tinggal history saya, semoga tulisan ini menjadikannya sebuah kisah klasik untuk masa depan.

Beberapa gambar di bawah ini sebagai bahan backup saja untuk mengenang semuanya, terimakasih bagi yang sudah membaca.

link di: http://www.wonogirikab.go.id/home.php/gave?mode=content&submode=detail&id=1236
Berita
TIM SMK MUHAMMADIYAH 4 WONOGIRI MENANG PENGHARGAAN KREANOVA 2010 TINGKAT JAWA TENGAH
Tahun ini Kabupaten Wonogiri lewat Kantor Penelitian Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kabupaten Wonogiri mengirimkan enam temuan kreatif dan inovatif (krenova) untuk mengikuti seleksi kreanova tingkat Privinsi Jawa Tengah. Enam temuan yang diikutsertakan tersebut adalah alternatif pengganti kopi bubuk dari biji rosella merah, mie suweg sebagai makanan alternatif diabetes mellitus, es krim sukun, alat pengupas mete, pengatur arus listrik dengan optocoupler pada seterika listrik, dan teknologi penjernihan air.

Dari enam karya tersebut, penemuan berupa pengatur arus listrik dengan optocoupler pada seterika listrik, menjadi pemenang sepuluh besar dan menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Semarang pada acara Jambore Teknologi, Jumat (30/7) lalu.
    Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Penelitian Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kabupaten Wonogiri, Drs. Puji Santoso, M. Hum dalam laporannya dalam acara seminar Kreanova di Ruang Data Setda Wonogiri, Sabtu (7/8). Karya tersebut dihasilkan oleh tim peneliti dari SMK Muhammadiyah 4 Wonogiri, yang terdiri dari Agus Suwandi, S.Pd, Eko Trimakno, Nanda Puji Arianto, dan Suryo Putro.

    Bupati Wonogiri, H. Begug Poernomosidi dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Endang Kristanti, SH, MM menyambut baik upaya pencapaian yang telah dihasilkan tersebut. “Karya-karya kreanova yang ada di masyarakat ini, harus terus selalu dimotivasi. Karena kreanova dari masyarakat telah terbukti mampu menghasilkan berbagai produk industri yang potensial dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Kantor Litbang Iptek sebagai sebuah lembaga baru di Wonogiri, diharapkan bisa memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana kesejahteraan masyarakat.,”

    Selanjutnya, sebagai tindak lanjut dari prestasi serta penemuan-penemuan tersebut, maka Kantor Litbang Iptek Wonogiri mengambil langkah dengan pengusulan hak paten ke Kementerian Hukum dan HAM RI untuk melindungi hak cipta atas penemuan-penemuan tersebut. Selain itu, guna menyebarluaskan temuan-temuan tersebut, juga akan dilakukan kegiatan sosialisasi dan diseminasi atas temuan tersebut, sehingga kepada nantinya temuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. (humas_est)
| dibaca 925 kali | 07/08/2010 00:00 WIB

link di: http://www.balitbangjateng.go.id/web/kegiatan/detail/216


Konten Iklan
Tidak menemukan apa yang anda cari ??? coba gunakan kotak penelusuran di bawah ini

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda