close
Donasi Bitcoin: 15mVgUb5coemN6VQYTjyxYJm8BY35a3ZQk Donasi Bitcoin: 15mVgUb5coemN6VQYTjyxYJm8BY35a3ZQk

Opsi Upload Sketch Arduino menggunakan USB Serial TTL

Konten Iklan
Konten Iklan
Hallo sobat, kebetulan sekali sobat membuka artikel ini yang sharing pengalaman tentang Arduino. Ada kalanya board arduino yang kita miliki itu rusak sehingga tidak bisa kita gunakan untuk menjalankan program dari IDE Arduino.

Akan tetapi kerusakannya sudah dapat kita pastikan yakni IC USB-Serial (ATMega 16U2) dalam board Arduino itu sendiri mengalami kerusakan. Atau anda barangakali membuat board Arduino sendiri "standalone". Permasalahanya yakni bagaimana cara mengupload program kedalam IC Arduino Uno (ATMega 328) atau IC Arduino yang lain ???


Ada 2 Opsi: yang Pertama menggunakan opsi dengan upload sketch menggunakan downloader universal seperti USBASP buatan Thomas Fiscl. Dengan menyambungkan pin MOSI, MISO, SCK, RESET, +5V, dan GND pada USBASP maka permasalahan tersebut sudah dapat diatasi, permasalah apa ??? Tentu saja permasalahan upload sketch dari Arduino IDE ke Board Arduino (Arduino UNO, Arduino Mega, Arduino Nano. Dll...). 

Apabila menggunakan USBASP maka sebelum melakukan opsi "Upload Sketch With Programmer (Ctrl+Shift+U)" terlebih dahulu untuk pertama kalinya kita harus menburning bootloadernya dulu kedalam IC Mikrokontrolernya. Contoh: Jika opsi Arduino Uno maka chipnya harus ATmega 328, sedangkan opsi Arduino Mega maka chipnya harus ATmega 1280/2560.


Kembali pada topik utama sesuai judul pembahasan blog ini, bagaimana cara mendownload / upload sketch dari IC Arduino dengan USB Serial. Oke langsung saja ada poin penting dalam melakukan download/upload sketch menggunakan USB Serial.

Poin ke-1 : Komponen pertama yang digunakan adalah USB Serial TTL, kenapa harus TTL ??? Karena level tegangan pada Mikrokontrol dalam kisaran 0 - 5V, apabila diluar level itu IC Mikrontroler akan rusak.

Pin utama dalam USB Serial TTL adalah (RX, TX, 5V, dan GND).
Gambar dari USB Serial tersebut ditunjukkan pada gambar berikut ini.


Poin ke-2 : Sebelum upload sketch menggunakan USB Serial terlebih dahulu yang perlu dilakukan adalah mem-burning atau mengupload bootloader Arduino sendiri kedalam IC Mikrokontroler yang bersangkutan seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas tadi. Apabila tidak dilakukan maka mustahil proses upload sketch dengan menggunakan USB Serial dapat dilakukan.

Poin ke-3 : Yang terakhir menurut pengalaman penulis yakni: PIN Rx dan Tx dalam IC Mikronkontroler tidak digunakan, maksudnya Pin tersebut tidak dihubungkan sebagai I/O atau shield lain. Jadi PIN ini dikhususkan untuk upload/download sketch. Mungkin sering gagalnya proses upload/download sketch Arduino sering gagalnya disini, mungkin sudah dicoba berulang-ulang dan gagal tapi ternyata pin Rx dan Tx nya tersambung dengan rangkaian lain. Jadi komunikasi datanya menjadi error.


Gambar diatas adalah USB Serial TTL.


Langkah selanjunya, yaitu menghubungkan Pin USB Serial dengan IC Mikrokontroler, sebagai contoh disini saya mengambil IC ATMega 328 yang saya gunakan pada opsi Arduino UNO.

Posisi PIN USB Serial Terhadap IC ATMega 328 P adalah sebagai berikut:

USB SERIAL TTL ke ATMega 328 P

TX ke RX               
RX ke TX    
5V ke 5V
GND ke GND      
Konten Iklan
Tidak menemukan apa yang anda cari ??? coba gunakan kotak penelusuran di bawah ini

Posting Komentar

Kami akan senang sekali mendengar komentar anda